Digital Marketing Cikal Bakal Suksesnya Para Entrepreneur

 

Oleh : Ranjani Nurfatimah


Cr. Google

Mengapa digital marketing ini dikatakan penting untuk beradaptasi di era globalisasi saat ini? Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2019, 150 juta penduduk indonesia merupakan pengguna internet, 150 juta lainnya merupakan pengguna media sosial aktif, dan 130 juta merupakan pengguna media sosial yang menggunakan mobile phone (smartphone) dari total penduduk indonesia sekitar 268.2 juta. Sehingga media sosial merupakan kompenen penting dalam konsep digital marketing. Ditahun 2020, terdapat peningkatan sebesar 1.1% pada penduduk indonesia, 17% pengguna internet dan 8,1% pengguna media sosial aktif. Sehingga hal tersebut menimbulkan pola baru yang harus diperhatikan dengan seksama. Maka dari itu kita sebagai pelaku bisnis mulai mempertimbangkan bahwa media digital dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran.

          Pada tahun 2019, peringkat teratas media sosial yang paling banyak diakses penduduk diindonesia yaitu Youtube, Whatsapp, Facebook dan Instagram. Dengan data tersebut para pelaku bisnis dapat menggunakan platfrom tersebut secara maksimal untuk mempromosikan produknya. Bagaimana merancang strategis agar produk bisa dikenal banyak orang dan dapat berdaya saing melalui konsep SOSTAC? Berikut penjelasannya!

a)    Situation Analysis : menjelaskan tentang “posisi kita berada di mana?”

-       5S dalam digital marketing : Sell (Penjualan), Serve (Pelayanan), Sizzle (Menarik perhatian konsumen), Speak (Memasarkan produk), Save (Keuntungan/pemasukan)

-          Penyusunan SWOT

-          Peningkatan konsemen

b)    Objective : menentukan tujuan bisnis

-          Meningkatkan/mengembangkan 5S yang sudah direncanakan sebelumnya.

c)    Strategy : bagaimana agar bisa mencapai tujuan tersebut

-          Menyusun target, segmen, dan posisi

-          Merancang OVP (Online Value Proposition)

d)    Tactics : tentukan cara-cara yang lebih generik agar bisa mencapai tujuan tersebut

-          Platfrom apa saja yang akan digunakan

-          Kampanye apa saya yang akan dilakukan

e)    Actions : merealisasikan taktik yang sudah tersusun

-          Pelaksanaan strategi pemasaran

f)    Control : memonitori kinerja yang sudah dilakukan

-          Mengontrol hasil dari 5S apakah sesuai dengan target atau tidak

          Digital marketing dikatakn penting untuk memasarkan produk yaitu karena di era globalisasi yang canggih ini manusia menghabiskan banyak waktunya untuk menatap layar ponsel sehingga kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya.

          Setelah dipaparkan mengenai konsep SOSTAC dalam menjalankan bisnis menggunakan digital marketing diharapkan para pelaku bisnis dapat merealisasikan sesuai dengan konsep yang sudah dijelaskan diatas.

         

 


0 comments:

Post a Comment

Contact

ABOUT ME

Penulis merupakan Mahasiswi yang sedang mengenyam pendidikan S1 di Universitas Negeri Jakarta. Berbekal hobi yang dimiliki yaitu menonton film,drama/series, dan juga reality show diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada pembaca untuk tontonan yang layak untuk dinikmati kala libur datang. Terima Kasih .

Address:

Bekasi Utara, Jawa Barat

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 3pm

Email:

ranjaninurfatimah@gmail.com

Powered by Blogger.

Search This Blog