Oleh : Ranjani
Nurfatimah
Cr. Google |
Mengapa digital marketing ini
dikatakan penting untuk beradaptasi di era globalisasi saat ini? Berdasarkan data
yang diperoleh pada tahun 2019, 150 juta penduduk indonesia merupakan pengguna
internet, 150 juta lainnya merupakan pengguna media sosial aktif, dan 130 juta
merupakan pengguna media sosial yang menggunakan mobile phone (smartphone) dari
total penduduk indonesia sekitar 268.2 juta. Sehingga media sosial merupakan
kompenen penting dalam konsep digital marketing. Ditahun 2020, terdapat peningkatan
sebesar 1.1% pada penduduk indonesia, 17% pengguna internet dan 8,1% pengguna media
sosial aktif. Sehingga hal tersebut menimbulkan pola baru yang harus
diperhatikan dengan seksama. Maka dari itu kita sebagai pelaku bisnis mulai
mempertimbangkan bahwa media digital dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran.
Pada tahun 2019, peringkat teratas media
sosial yang paling banyak diakses penduduk diindonesia yaitu Youtube, Whatsapp,
Facebook dan Instagram. Dengan data tersebut para pelaku bisnis dapat menggunakan
platfrom tersebut secara maksimal untuk mempromosikan produknya. Bagaimana merancang
strategis agar produk bisa dikenal banyak orang dan dapat berdaya saing melalui
konsep SOSTAC? Berikut penjelasannya!
a)
Situation
Analysis : menjelaskan tentang “posisi kita berada di mana?”
- 5S dalam digital marketing :
Sell (Penjualan), Serve (Pelayanan), Sizzle (Menarik perhatian konsumen), Speak
(Memasarkan produk), Save (Keuntungan/pemasukan)
-
Penyusunan SWOT
-
Peningkatan konsemen
b)
Objective
: menentukan tujuan bisnis
-
Meningkatkan/mengembangkan 5S
yang sudah direncanakan sebelumnya.
c)
Strategy
: bagaimana agar bisa mencapai tujuan tersebut
-
Menyusun target, segmen, dan
posisi
-
Merancang OVP (Online Value
Proposition)
d)
Tactics
: tentukan cara-cara yang lebih generik agar bisa mencapai tujuan tersebut
-
Platfrom apa saja yang akan digunakan
-
Kampanye apa saya yang akan
dilakukan
e)
Actions
: merealisasikan taktik yang sudah tersusun
-
Pelaksanaan strategi pemasaran
f) Control : memonitori kinerja yang
sudah dilakukan
-
Mengontrol hasil dari 5S
apakah sesuai dengan target atau tidak
Digital marketing dikatakn penting
untuk memasarkan produk yaitu karena di era globalisasi yang canggih ini
manusia menghabiskan banyak waktunya untuk menatap layar ponsel sehingga
kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk memasarkan
produknya.
Setelah dipaparkan mengenai konsep
SOSTAC dalam menjalankan bisnis menggunakan digital marketing diharapkan para
pelaku bisnis dapat merealisasikan sesuai dengan konsep yang sudah dijelaskan
diatas.
0 comments:
Post a Comment